Wednesday, 13 December 2017

Pesawat Lengkung vs Pesawat Sudut

Suka membuat pesawat kertas? Bisakah kalian membuat pesawat lengkung? Atau hanya bisa membuat pesawat bersudut? Bisa keduanya bagus, bisa hanya salah satu juga bagus.

Sebenarnya dari judul diatas apa yang mau ditampilkan? Oke, pernahkah kalian melihat struktur eksterior pesawat terbang untuk penumpang dan eksterior pesawat 'siluman'? Jika ya, coba perhatikan.

Struktur luar pesawat terbang untuk penumpang ternyata hampir tidak ada yang bersudut alias hampir semuanya melengkung, sedangkan pesawat 'siluman' bentuknya aneh dan sebagian besar bersudut. Apa pengaruhnya?

Untuk pesawat penumpang, struktur luar yang sebagian besar berupa lengkungan dimaksudkan agar RCS atau Radar Cross Section besar yang artinya kemampuan terdeteksinya target oleh radar. Wah kalau kecil ya wassalam aja seperti pesawat yang hilang kontak. Sedangkan untuk pesawat 'siluman' bentuknya aneh dan sebagian besar bersudut untuk beberapa jenis. Maksudnya agar RCS yang didapat kecil. Kalau begitu apa yang mempengaruhi RCS?

Selain dari struktur luar, cat yang menyelubungi bodi juga berpengaruh. Oleh karena itu, ada cat khusus untuk pesawat 'siluman' yang warnanya tidak biasa. Karena kebanyakan menyerang pada malam hari makanya catnya hitam tidak biasa.

RCS akan kecil jika sebagian besar strukturnya bersudut, bahan struktur luarnya menyerap gelombang dari radar atau memantulkan ke arah lain seperti ke tanah, atau catnya menyerap gelombang radar tersebut, sedangkan RCS akan besar seperti pada pesawat terbang berpenumpang.

Jadi salah satu penggunaan persamaan yang berkaitan dengan gelombang adalah permukaan pesawat berpenumpang dan permukaan pesawat 'siluman'. Lantas apalagi contoh penggunaan persamaan gelombang? Simak pada entri berikutnya!

No comments:

Post a Comment