Kembali lagi di blog ini, masih tentang komparasi dan kali ini mengenai salah satu chassis MB yaitu MB OH 1526.
Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Mercedes-Benz mengeluarkan varian terbaru setelah OH 1525 yaitu OH 1526. Ya ada sedikit modifikasi, yang paling mudah diketahui adalah pada mesin. Mesinnya sama tapi ada kenaikan tenaga sekitar 10HP.
Pertama kali masuk Indonesia, chassis OH 1526 ini 'katanya' punya suspensi yang keras sehingga agak tidak nyaman terutama jika menyangkut kenyamanan penumpang, jadi MB memodifikasi ulang sehingga chassis ini punya suspensi yang lembut tapi tidak sampai rentan patah. Perbedaan antara OH 1526 yang pertama kali dengan modifikasi ulang terletak pada tongkat persneling. Jika yang pertama kali bentuknya lurus, maka yang modif ulang bengkok bersudut. Selanjutnya MB meluncurkan kembali chassis ini tapi dengan beberapa pembaruan atau minor change, mungkin karena laku keras di pasaran. Beberapa orang menyebutnya OH 1526 NG atau New Generation.
Lantas apa perbedaan antara OH 1526 OG atau generasi lama dengan OH 1526 NG? Sekilas tidak ada perbedaan apalagi kalau sudah dibaju, tapi bagi yang suka intip kolong maupun interior akan terlihat perbedaannya. Apa itu?
- Setir. Setir OH 1526 NG sudah berpalang empat sedangkan versi OG masih berpalang dua seperti OH 1525.
- Chassis. Kapan-kapan kalo bertemu bus yang kalian tahu berchassis OH 1526 NG, cobalah perhatikan rangka didekat gandar belakang. Ada dua perbedaan yang mencolok, yaitu gardan dan stabilizer. Untuk OH 1526 NG, gardannya bulat halus dan sambungan stabilizer lebih simpel, sedangkan versi OG punya gardan yang berkisi dan sambungan stabilizer yang agak rumit.
Kali ini ada gambarnya, tapi ini untuk chassisnya saja sebagai penjelas. Silakan lihat:
OH 1526 OG
No comments:
Post a Comment