Ingin bisa membuat livery metallic di ETS2? Lakukan dengan cara ini:
- Siapkan livery, NVIDIA dds plugin, ETS2 studio 0.7.0.1, flake_noise.dds, notepad, dan DXTBMP. Untuk flake_noise bisa sesuai selera, karena pada akhirnya flake_noise yang dipakai adalah yang di ori steam, tapi ada kemungkinan juga tidak perlu pake flake_noise.
- Buat daerah berwarna putih untuk bagian yang tidak terpengaruh metalik, seperti gambar dan sebagainya, sedangkan untuk bagian yang terkena metalik, buat dua layer, satu yg ori dan satu lagi untuk alpha (bukan alpha channel), lalu ubah warnanya ke abu-abu dengan persentase kearah hitam sesuai selera, tp biasanya 10%-40%.
- Gabungkan layer abu tadi dengan layer berdaerah putih, lalu buat menjadi invisible untuk memunculkan ori livery kamu. Simpan ori mu ke dalam format dds. Kemudian, munculkan layer alpha lalu simpan juga dalam format dds. Oh ya, jangan lupa, buat file liverymu dengan alpha juga ya...
- Buka ets2 studio, lalu sebagai pengantarnya, pilih truk sesuai selera, lalu ke SKIN PROPERTIES, pilih AIRBRUSH dan centang METALLIC COLOR, sisanya buat sesuai selera. Pindah ke tab TRUCK SKIN, pilih skin liverymu tanpa alpha (sekali lagi BUKAN ALPHA CHANNEL), kemudian impor lagi dan pilih file dengan alpha didalamnya. Jika berubah warna (daerah diluar daerah putih), berarti sudah benar. Masuk ke tab WORKSHOP ICON, pilih sesuai selera, lalu export dengan nama yang juga sesuai selera.
- YOU THINK IT’S DONE? NO, MAN!!! You haven’t. Karena ketika dites, pasti gagal. Sebenarnya bukan gagal, melainkan ada yang salah. Jadi bagaimana? Ok! Buka def file liverymu yang sudah berformat dds, tapi sebelumnya jangan lupa untuk edit folder setelah buka def-vehicle-truck-nama def busmod yang dipakai (cek di def busmod yang kamu pakai! Misal: mercedes.jetsetmh), lalu buka lagi sampai ketemu file berformat sii, klik pada file itu.
- Ada tiga kesalahan yang harus diperbaiki dalam file berformat sii itu. Pertama, antara folder nama def busmod dengan nama def busmod sebelum .paintjob harus sama. Kedua, ubah flipflake dari false menjadi true, dan ketiga, ubah lokasi flake_noise menjadi “/material/custom/flake_noise.tobj”.
- Jalankan ets2, jika pada kotak kecil dibagian atas ketika pewarnaan berjumlah tiga dan berubah warna ketika diubah, THEN YOU’RE DONE!!!
You want more? Click this: https://www.youtube.com/watch?v=MR7QeRYPrAQ Good Luck Man, If You Accomplish Your Metallic Paint, Then I’ll Congratulate YOU!!!
Ada sedikit koreksi atau tambahan yaitu:
- Pada langkah dua, ubah warna alpha/mask menjadi putih saja dan gunakan warna dasar hitam. Ini akan berefek pada saat penggantian warna sehingga kalian bisa jadi lebih leluasa.
- Pada langkah empat, cukup pilih skin livery langsung dengan mask jika sudah yakin sudah digabung dengan mask/layer putih.
- Sebaiknya gunakan flake berwarna hitam untuk bagian livery yang berwarna hitam agar saat pemilihan warna yang bagian hitam tetap terlihat hitam.
No comments:
Post a Comment